Friday, November 22, 2013

Latihan Rutin Ayam Bangkok Aduan 2

Ilustrasi gambar ayam Bangkok latihan
Gambar ayam Bangkok latihan.
Dalam artikel sebelumnya (Latihan Rutin Ayam Bangkok Aduan 1), kita sudah sebutkan dua latihan rutin yang mesti dilakukan. Yaitu: latihan untuk menguatkan otot dan tulang.

Pada artikel ini, kita lanjutkan jenis latihannya dari latihan rutin tersebut. Apa saja latihan ini? Yaitu latihan keseimbangan dan latihan membentuk otot untuk menguatkan pukulan.

Simak artikel ini lebih lengkap untuk mendapatkan informasi lebih lanjut...

Latihan III

Inti dari latihan ini adalah menjaga keseimbangan dan menguatkan jari-jari pada kedua kaki ayam.

Cara yang bisa dilakukan adalah meletakkan ayam aduan pada tenggeran atau ayunan yang bergerak dinamis. Saat ayunan bergerak-gerak, maka ayam akan berusaha untuk menyeimbangkan dirinya supaya tidak terjatuh. Bukankah ini sama halnya dengan melatih keseimbangan?

Di samping itu, saat bersamaan, jari ayam sekaligus juga ikut terlatih.

Latihan IV

Inti dari latihan ini adalah membentuk otot kaki dan ketahanan fisik.

Cara pertama, ayam aduan bisa dipegang bagian punggungnya dengan lembut. Kemudian, ditekan lebih kuat supaya ayam melakukan perlawanan.

Nantinya, ayam akan menggeliat dan kakinya bergerak untuk melepaskan diri. Latihan ini berguna untuk meningkatkan kelenturan otot, terutama otot paha dan kaki.

Cara kedua, ini untuk meningkatkan ketahanan fisik. Ayam Bangkok bisa dilatih kolam atau sungai yang dangkal, yang penting ada aliran air. Untuk aliran air yang tidak deras, ayam bisa dimasukkan ke dalam air. Sehingga ayam akan kelabakan dan meronta-ronta mau keluar dari dalam air. Naluri untuk menyelamatkan diri akan membuat otot sayap, dada, dan paha bergerak lebih cepat dalam irama tak teratur.

Untuk aliran air yang lebih deras sedikit, ayam Bangkok bisa diangkat ke permukaan air. Kedua kakinya bergerak cepat melawan arus, sehingga akan terbiasa melawan arus.

Cara ini akan membuat kedua kaki ayam bergerak cepat melawan arus. Dengan begitu, anggota tubuh yang bergerak menjadi terbiasa melawan tekanan. Jika sudah terbiasa, ayam akan mempunyai hantaman pukulan yang mantab.

Catatan: latihan ini harus memperhatikan kondisi fisik ayam adu. Jangan terlalu memaksakan latihan, takutnya ayam kepayahan.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...