Sunday, November 10, 2013

Latihan Rutin Ayam Aduan Bangkok (1)

Latihan Rutin Ayam Aduan Bangkok (1)
Sebagaimana sudah disebutkan pada artikel sebelumnya, 3 Latihan Dasar Memperkuat Otot Kaki Ayam Bangkok, ayam aduan bisa diibaratkan atlet tinju. Sehingga, membutuhkan latihan yang tertib dan berkesinambungan.

Dalam artikel latihan rutin ayam aduan Bangkok terdapat empat latihan rutin yang akan dipaparkan. Namun, artikel akan dibagi menjadi dua bagian. Artikel ini yang pertama.

Bagaimana tips melatih ayam adu Bangkok? Baca lebih lanjut untuk mendapatkan rahasianya.

Latihan I

Pegang bagian dada ayam aduan Bangkok dengan tangan kanan. Sementara, bagian belakang (bawah pantat) dipegang dengan tangan kiri. Kita berjongkok kemudian lemparkan ayam ke udara.

Saat berada di udara, secara otomatis, kedua sayap akan dikepakkan, kedua kaki juga akan digerak-gerakkan selayaknya menghantam sesuatu, dan hampir semua otot menegang. Begitu mendarat di tanah, ayam segera bersiaga kembali.

Latihan rutin ini bisa dilakukan secara bertahap. Awalnya, cukup 5 kali lemparan saja. Kemudian, frekuensinya ditambahkan hingga 10 kali di hari berikutnya. Sesudah terbiasa, lemparan bisa dilakukan 40-50 kali tiap hari.

Lemparan ke udara ini akan membentuk otot dan tulang menjadi kokoh. Sebab, gerakan tersebut membutuhkan energi serta stamina yang besar. Ayam yang telah terbiasa akan memilik ketahanan fisik yang cukup mumpuni.

Perlu diperhatikan, dalam melempar ayam jangan terlampau tinggi. Sebab, ada risiko patah kaki atau stres pada ayam.

Latihan II

Dalam posisi setengah membungkuk kita dapat memegang pangkal ekor - bagian antara punggung dengan kelenjar uropigial (brutu). Kemudian, ayam kita angkat secara perlahan. Dengan demikian, ayam adu akan bergerak secara bebas.

Seperti halnya latihan I, kita tidak diizinkan mengangkat ayam terlalu tinggi supaya tidak terjadi stres. Idealnya ayam kita angkat setinggi 1 meter dari tanah. Segera setelah ayam diangkat selama beberapa waktu tertentu, kita lepaskan kembali dan ayam mendarat sempurna di tanah.

Untuk awalan kita angkat selama setengah menit dulu. Kemudian, 1-2 menit. Terakhir, bisa sampai 5 menit kalau sudah sering sekali.

Bersambung ke artikel Latihan Rutin Ayam Aduan Bangkok (2), belum dipublish. Sila kembali lagi untuk mendapatkan informasinya.

1 comments:

  1. q punya masalah engan ayam q, habis tarung ayam kena jalu di pongkrong ( pangkal kaki) sampai saat ini 4 bulan masih pincang . gmn nyembuhinnya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...