Sunday, September 29, 2013

4 Cara Membuat Jalu Ayam Bangkok Aduan Muda Cepat Tumbuh

4 Cara Membuat Jalu Ayam Bangkok Aduan Muda Cepat Tumbuh
Jalu merupakan bagian dari tubuh ayam jago, yang selain berfungsi mempercantik tampilannya, juga berfungsi sebagai senjata. Pejantan ayam Bangkok pun juga memiliki jalu, walaupun ada beberapa jenis ayam Bangkok yang tak memiliki jalu (dikenal sebagai jalu lepek) – tergantung dari genetikanya.

Jalu ayam aduan Bangkok tentu perlu mendapat perhatian tersendiri dengan pemeliharaan dan perawatan yang tepat. Apabila salah, alih-alih mendapatkan ayam aduan dengan jalu berkualitas, yang terjadi justru sebaliknya. Jalu ayam akan tumbuh secara serampangan (tidak sesuai keinginan pemilik), seperti kurang keras, kurang runcing, dan sebagainya.

Lalu, bagaimana cara membuat jalu ayam Bangkok aduan muda cepat tumbuh sesuai keinginan kita selaku pemiliknya? Inilah rahasianya…

Sebagai catatan:
*) Perlu digarisbawahi bahwa tips ini sebaiknya diterapkan pada ayam aduan Bangkok yang secara usia layak diadu. Dengan begitu, jalu bisa kita setting sedemikian rupa sesuai keinginan kita. Jika belum, hendaknya biarkanlah jalu dibiarkan tumbuh alamiah.
**) Jalu memiliki dua lapisan. Pertama, lapisan luar yang lebih keras. Kedua, lapisan dalam yang lebih lunak.

4 Cara Membuat Jalu Ayam Bangkok Aduan Muda Cepat Tumbuh

1. Sewaktu ayam aduan berusia 5-6 bulan, jalu yang belum tumbuh sempurna dikupas. Bersihkan pinggiran jalu tersebut memakai amplas supaya pertumbuhan jalu tidak terhambat. Hal ini sebaiknya dilakukan secara berkala dengan pengontrolan yang terus-menerus. Tujuannya, pertumbuhan jalu bisa dipantau.
2. Korek pangkal jalu dengan kuku, dan arahkan sesuai keinginan. Setelah itu olesi dengan mentega. Dengan begitu, jalu cepat tumbuh dan lebih besar.
3. Untuk merangsang pertumbuhan jalu supaya lebih cepat tumbuh, berikan belimbing wuluh di batang atau pangkal jalu.
4. Untuk membuat jalu makin kuat, keras, padat, serta kokoh olesi dengan bawang putih atau kunir.

Demikian tips membuat jalu ayam Bangkok lebih cepat tumbuh, kuat, dan besar.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...