Thursday, August 22, 2013

10 Karakter Ayam Bangkok Dilihat dari Sisik Kaki

10 Karakter Ayam Bangkok Dilihat dari Sisik Kaki
Sebelumnya, kita sudah mengetahui 8 Katuranggan (Bentuk Fisik) Ayam Bangkok Tipe Juara. Namun, ada satu patokan lain untuk bisa melihat kualitas ayam, yaitu dengan melihat sisik kakinya.

Karakter sisik kaki, menurut para penggemar dan peternak ayam Bangkok, dipercaya mencerminkan kelebihan sang ayam aduan. Mari kita lihat, seperti apa karakter sisik kaki yang dipercaya memiliki keunggulan?

1. TANJUNG KARANG 

Kelebihan ayam yang punya sisik kaki TANJUNG KARANG adalah pukulannya yang kuat yang bila terkena lawan membuatnya kebingungan. Ayam dengan sisik kaki TANJUNG KARANG memiliki ciri-ciri jari belakang, baik kanan maupun kiri, pecah-pecah. 

2. NAGA MANGSA

Kelebihan ayam dengan tipe sisik kaki NAGA MANGSA adalah pukulannya sangat menyakitkan dan bisa melumpuhkan lawannya dalam waktu singkat. Ciri-ciri ayam dengan tipe ini adalah adanya sisik ubed (sisik melingkat seperti gelang). 

3. NAGA TEMURUN

Kelebihan ayam bertipe sisik kaki NAGA TEMURUN adalah pukulannya sangat dalam sehingga bisa menghancurkan lawannya. Karakter yang bisa dilihat mata dari tipe ayam ini adalah sisik kakinya menghadap ke bawah.

4. NAGA BANDA

Kelebihan ayam yang memiliki tipe sisik kaki NAGA BANDA adalah pukulannya yang bisa membuat lawan ketakutan hingga lari tunggang langgang. Ciri khasnya yaitu sisik kaki serupa duri (kulit salak).

5. TUNGGAK WINARAYAN

Kelebihan ayam bertipe ini adalah kemampuan pukulannya yang bisa membuat ayam lawan ketakutan. Sisik kaki TUNGGAK WINARAYAN biasanya jari kelingking ayam sebelah kiri dan kanan pecah.

6. BATU KARANG

Kelebihan ayam ini adalah pukulannya yang diarahkan ke mata lawan, sehingga bisa membutakan jika sampai terkena. Sisik kaki tipe BATU KARANG semuanya pecah.

7. BATU LAPAK

Kehebatan ayam satu ini adalah kemampuannya memukul untuk menghilangkan tenaga lawan. Sisik kaki tipe ini pada bagian telapak kakinya terdapat sisik.

8. RATU RANTAI

Kelebihan ayam dengan tipe sisik kaki BATU RANTAI adalah pukulan yang keras menyakitkan lawan. Sisik kaki seperti itu mempunyai sisik di bawah jarinya.

9. PUTRI KINURUNG

Kelebihan ayam Bangkok yang punya tipe sisik kaki PUTRI KINURUNG adalah pukulannya membuat ayam lawan limbung. Sisik kaki ayam seperti ini adalah sisik nyelip (keluar) di antara sisik utama di kaki ayam yang memiliki sisi ubed.

10. SATRIYA SINEKTI

Konon, ayam Bangkok dengan tipe sisik kaki SATRIYA SINEKTI pasti menang tak pernah kalah. Ayam ini tak memiliki sisik kaki alias "mulus".[]

1 comments:

  1. sy pux seekor ayam yg brsisik naga banda juga dijari belakangx brsisik tanjung karang.gimana dampak pukulax pd lawan

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...