Tuesday, March 17, 2015

Tips Ayam Aduan Tak Turun Urat

Ayam Bangkok Pro – Turun urat merupakan penyakit ayam aduan yang cukup mengganggu, utamanya dalam melakukan pergerakan. Tak pelak, ayam yang memiliki penyakit turun urat akan terbatas ruang geraknya ketika bertarung.

Ada beberapa sebab ayam turun urat, yaitu:

1. Ayam masih terlalu dini dicoba adukan (istilahnya digebrak) dengan ayam lain yang sudah “matang”. Para sesepuh mengatakan bahwa ayam muda masih muda struktur tulang serta otot-ototnya. Padahal, masih bisa dibentuk dan dimaksimal lagi.

2. Ayam yang masih muda terkena benturan yang terlalu keras.

Sudah tahu kan penyebab turun urat ayam, kita berlanjut ke ciri-ciri ayam aduan yang mengalami turun urat.

1. Habis dicoba adukan (digebrak) kaki ayam terasa lebih panas dibandingkan biasanya. Ini bisa diketahui dengan cara diraba. Tentu saja, Anda harus terbiasa memegang ayam sebelumnya, sehingga tahu persis perbedaannya.

2. Ayam acap mengangkat kaki dan kalau berjalan agak pincang – ini lantaran ayam tak mau bertumpu pada kaki yang mengalami turun urat.

Penyebab dan ciri sudah Anda ketahui kan? Berikutnya adalah cara mengatasi ayam aduan yang mengalami turun urat. Sedikitnya ada empat hal yang harus Anda lakukan untuk mengatasi ayam aduan yang terkena turun urat. Apa saja? Langsung lanjut saja deh.

1. Perban atau bisa juga dibungkus kain kaki ayam yang dinilai mengalami turun urat. Sebelumnya, borehkan dulu dengan daun sere yang telah ditumbuk-haluskan. Ini dilakukan setiap hari dan sesering mungkin. Teknik membungkusnya pun seperti merawat manusia patah tulang.

2. Upayakan kaki ayam tetap bisa menginjak tanah.

3. Bila ingin mengganti borehan daun sere, bagusnya kaki ayam direndam pakai air dingin atau air es selama beberapa menit. Setelah itu, bungkus lagi seperti sedia kala.

4. Beri ayam Anda jejamuan rematik yang biasa dikonsumsi manusia.

Sebagai catatan dari semuanya: lakukan pemberian formula spesial ayam aduan turun urat ini selama empat hari berturut-turut. Sekitar jam 9 pagi, kandangkan ayam supaya bisa tetirah tidak kesana-kemari, jangan lupa sediakan makan dan minum ya. Setelah empat hari, umbar ayam di tempat yang aman, yang membuat ayam tidak mungkin melompat-lompat. Untuk pencegahan terjadinya turun urat lagi, beri satu formula sehabis abar.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...