Monday, December 2, 2013

[Video] Langkah-langkah Memandikan Ayam Bangkok

[Video] Langkah-langkah Memandikan Ayam Bangkok
Gambar ayam Bangkok dimandiin.
Ayam jago Bangkok yang dipersiapkan untuk aduan memang sebaiknya dirawat dengan penuh perhatian. Salah satu perawatan yang harus dilakukan oleh para hobiis dan peternak adalah penampilan. Jangan salah sangka, penampilan yang dimaksud disini bukan untuk gaya-gayaan atau sekadar aksesoris. Penampilan yang menarik akan membuat ayam Bangkok aduan terlihat percaya diri dan tampak berstamina baik dengan ketahanan fisik yang bagus.

Pertanyaannya, perawatan seperti apa yang sebaiknya dilakukan untuk mendukung penampilan ayam aduan? Mudah. Jawabannya hanya dua: mandi dan berjemur. Ritual yang harus dilakukan oleh ayam Bangkok setiap harinya. Pada artikel kali ini, kita akan mengulas yang cara memandikan ayam terlebih dulu. Simak caranya dengan melanjutkan artikel ini.

Selain untuk membuat tampilan ayam lebih bagus, mandi menjadikan ayam lebih sehat. Sebab, kotoran yang melekat pada tubuh dan bulu ayam bisa bersih semua. Ritual mandi ini bisa dirutinkan setiap hari pukul 8 pagi dengan memakai air bersih.

Catatan: jangan sekali-kali memakai air hangat. Karena, air hangat dapat merusak pertumbuhan bulu serta jaringan tubuh.

Berikut video-nya:


Penjelasan langkah-langkah memandikannya
  1. 1. Ketika memandikan ayam, Anda bisa berada dalam posisi jongkok. Sementara, ayam diapit dengan kedua kaki pada posisi membelakangi Anda.  
  2. 2. Awalnya, bagian kepala ditundukkan lalu basuh dengan handuk yang sudah dibasahi air bersih. Dengan memposisikan kepala ayam pada posisi menunduk, bisa memudahkan turunnya air yang membasahi muka ayam. 
  3. 3. Masih dalam posisi yang sama, Anda dapat memegang leher ayam dengan tangan kiri. Sedangkan, tangan kanan mengguyurnya dengan air bersih secara perlahan, dari tengkuk sampai pangkal sayap. 
  4. 4. Setelah itu leher dilap menggunakan handuk supaya tidak banyak air yang ada di bulu hiasnya.
  5. 5. Lalu, bagian dada dibasuh memakai handuk sampai bawah (bagian kloaka). Bagian kloaka ini harus benar-benar bersih sebab kotoran kerap menempel di bagian ini.  
  6. 6. Terus bagian sayap dan ketiak, bagian paha dan ceker ayam dibasahi sampai bersih. Yang paling terakhir dibersihkan adalah bagian brutu. 
  7. 7. Yang patut diingat adalah tiap kali dipakai, handuk dicuci bersih dan diperas supaya tak mengandung banyak air. 
  8. 8. Bagian punggung tak perlu dimandikan, sebab bila terkena air terlalu sering maka bisa menyebabkan bulu rusak sehingga mudah kusut dan mudah patah.

1 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...