Friday, November 29, 2013

Teknik Melatih Otot Leher Ayam Bangkok

Teknik Melatih Otot Leher Ayam Bangkok
Gambar ayam Bangkok
Bagi ayam aduan, leher merupakan salah satu titik vital yang bisa melumpuhkan maupun membuatnya menang dalam adu tarung ayam. Karena itu, sudah seyogyanya leher ayam Bangkok aduan mempunyai kriteria lentur supaya mudah menghindar, kokoh menahan pukulan, dan liat untuk kuat mengunci lawan.

Sebenarnya banyak cara melatih otot leher ayam. Bagaimana caranya? Simak selengkapnya lebih lanjut dalam artikel ini…

Untuk melatih leher ayam Bangkok, Anda dapat mencobanya dengan teknik urut. Untuk caranya, sila simak urut-urutannya berikut ini:

Anda dapat memegang bagian depan dan belakang ayam dengan kedua tangan. Bagian paha bertumpu pada pergelangan tangan kiri dan bagian kanan bertumpu pada leher. Dalam posisi jongkok, kita bisa gerakkan kedua pergelangan tangan kita ke depan, belakang, kiri, dan kanan. Secara otomatis ayam akan mengikuti arah pergerakan tangan kita. Untuk lebih jelasnya, perhatikan video berikut ini.


Pada awalan, latihan bisa dilakukan selama dua menit. Seminggu berikutnya, bisa meningkat menjadi 3-4 menit. Bila telah terbiasa (rutin dilakukan) bisa menjadi 5 menit tiap hari.

Dengan latihan ini diharapkan susunan otot leher ayam adu akan kuat dan liat.

Di samping teknik urut, ada cara alamiah lain, yaitu abar atau uji coba tarung. Ketika bertarung saat menerima pukulan di bagian leher. Hal tersebut secara alami telah memberi latihan terhadap otot leher ayam.

Yang perlu dicatat adalah ukuran leher dan ruas tulang leher. Ukuran leher ayam Bangkok aduan harus proporsional. Tak terlalu panjang, tak terlampau pendek. Hal ini supaya ayam menjadi lincah. Leher yang terlalu panjang membuat ayam mudah menerima pukulan ayam lawan. Sedangkan, leher yang terlalu pendek membuat ayam sulit mengunci (ngalung) lawan.

Sementara, untuk ruas tulang leher haruslah yang rapat. Sehingga, ayam bisa menahan pukulan di leher. Ada banyak kasus, ayam langsung KO begitu menerima pukulan ke leher. Lantaran, terbukanya ruas tulang leher yang menyebabkan gangguan syaraf sampai cedera.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...