Sunday, September 22, 2013

Cara Mengetahui Ayam Saigon Asli Vietnam

Bagaimana cara mengetahui ayam Saigon asli Vietnam?
Sebagaimana disebutkan dalam artikel 7 Jenis Ayam Aduan yang Populer bahwa ayam aduan tak hanya ayam Bangkok semata. Ada beberapa ayam lain yang bisa dipakai sebagai jagoan di arena aduan. Dalam artikel kali ini, akan coba diulas cara mengetahui ayam Saigon asli Vietnam supaya, Anda tidak tertipu sebelum membelinya atau setidaknya Anda mengetahui mana yang asli mana yang kw.

Kita tahu bahwa ayam Saigon berasal dari Vietnam. Di kalangan penggemar dan peternak ayam aduan, jenis ayam ini kurang populer. Hal ini dikarenakan brand ayam aduan itu ya ayam Bangkok. Di samping itu, masih sedikitnya peternak dan penggemar jenis ayam aduan ini yang berminat dan mengetahuinya.

Namun, bagi Anda yang sudah mengetahui, kemudian berniat memilikinya, Anda harus mempunyai pengetahuan yang cukup sebagai patokan atau dasar pertimbangan. Berikut ini kita akan mengulas tips, cara mengetahui ayam Saigon asli Vietnam. Sila meneruskan.

Jenis-jenis ayam Saigon asli Vietnam

1. Ayam Saigon yang pada bagian leher dan sebagian kepalanya tidak ditumbuhi bulu sebagaimana ayam pada umumnya. Jenis ini paling umum dijumpai dan paling dikenal.
2. Ayam Saigon berbulu tipis. Jenis ini umumnya memiliki bulu tipis laiknya ayam babon, termasuk juga bulu ekornya yang pendek.
3. Ayam Saigon berbulu lengkap, sebagaimana laiknya ayam aduan pada umumnya.

Kelebihan ayam aduan Saigon

1. Jenis ayam aduan satu ini punya struktur tubuh dan tulang yang lebih besar dari ayam aduan Bangkok. Dan, kulitnya juga lebih tebal.
2. Bobot yang dimilikinya lebih berat dibandingkan ayam aduan Bangkok atau ayam aduan Birma.
3. Ototnya lebih berserat. Konon, hal ini menyebabkannya lebih kuat menerima pukulan dari lawan.

Kekurangan ayam aduan Saigon

1. Tipe serta teknik bertarung ayam aduan Saigon tidak bagus dan lambat
2. Bulu-bulunya gampang pecah, tidak berkilau, kurang cantik. Karena itu, gampang patah jika terkena pukulan lawan.

Nah, apabila Anda menemukan ciri-ciri seperti di atas, bisa dipastikan ayam Saigon yang sedang Anda incar itu asli. Namun, yang perlu digaris-bawahi adalah jika ayam yang sedang Anda hadapi adalah ayam Saigon dengan jenis berbulu lengkap. Hal itu juga membutuhkan kejelian dan pengamatan serius.

Apalagi, ditambah kebanyakan ayam Saigon di Indonesia berasal dari trah Madagaskar. Jika itu yang sedang Anda hadapi, cara mengetahui ayam Saigon asli Vietnam adalah dengan melihat kerutan di sekitar telinga dan leher ayam tersebut. Semoga berhasil.

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...